Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Baterai Laptop Cepat Habis Dan Boros


Hari ini gue akan bahas Cara Mengatasi Baterai Laptop Cepat Habis Dan Boros. Untuk yang mengalami masalah seperti ini. Kalian dapat melakukan beberapa cara untuk memperpanjang waktu tahannya baterai laptop anda. Kurang lebih, ini berlaku untuk semua jenis laptop. Yuk disimak!.





Beberapa profesi memang mengharuskan anda pergi ke mana-mana membawa laptop dan mobilitas kerja yang sangat tinggi. Jika laptop anda masih baru, tentunya daya tahan baterai laptop anda bisa diandalkan dan bertahan lama. Namun, buat anda pengguna laptop yang sudah cukup lama pasti merasakan performa baterai laptop yang semakin menurun.





Hal yang menyebabkan baterai leptop cepat rusak sangat beragam, mungkin kita sebagai pengguna laptop kurang mengetahui cara merawat baterai laptop yang baik dan benar. Berikut ini akan dijelaskan cara mengatasi baterai laptop yang bocor atau cepat habis.





Penyebab Baterai Laptop Cepat Bocor





Penggunaan baterai yang cepat habis, memang sangatlah menjengkelkan penggunanya. Selama laptop memiliki daya tahan baterai yang lemah, kalian wajib wahu bagaimana cara untuk mengatasinya. Silahkan disimak untuk dipraktekkan lebih lanjut.





Cara Mengatasi Baterai Laptop Cepat Habis
Cara Mengatasi Baterai Laptop Cepat Habis




1. Penggunaan laptop yang berlebihan





Laptop sebenarnya diciptakan untuk pekerjaan yang ringan dan tidak digunakan untuk bekerja seharian. Laptop tidak untuk digunakan bermain game berat dan aplikasi dengan grafis tinggi, kecuali laptop yang mempunyai spek gaming.





2. Menggunakan laptop saat di-charger





Menggunakan laptop yang dicharger juga berisiko baterai laptop akan cepat rusak, jadi jangan terlalu sering. Charger terlalu lama juga harus dihindari.





3. Laptop kehabisan batrai





Membiarkan laptop mati dalam keadaan baterai kosong juga sangat berpotensi membuat baterai laptop cepat rusak.





4. Peletakan laptop yang salah





Laptop mengeluarkan hawa panas dan kebanyakan para pengguna laptop kurang mengerti bahwa meletakkan laptop di atas bahan yang empuk seperti di bantal atau kasur dapat menyebabkan aliran hawa panas terganggu.





Cara Mengatasi Baterai Laptop Bocor





Cara mengatasi baterai laptop yang bocor pertama adalah charger baterai laptop anda hingga penuh 100%. Kalau baru sebentar sudah penuh, maka untuk memastikan bahwa baterai laptop anda benar-benar penuh kita tunggu lagi selama 2 jam.





Cara memperbaiki baterai laptop yang cepat habis berikutnya yaitu anda harus mengatur opsi daya di laptop Windows anda. Caranya klik tanda baterai di kanan bawah dan aktifkan ke modus balance, kemudian atur Turn off the display di baterai Never dan Put the computer to sleep menjadi Never.





Cara yang terakhir yaitu biarkan batrai laptop habis. Biarkan laptop menyala dan jangan mengatur sleep atau turn off hingga baterai terpakai habis sehingga laptop mati dengan sendirinya. Setelah itu tancapkan lagi charger dan nyalakan laptop. Isi baterai hingga penuh lagi 100%. Proses ini dinamakan sebagai proses kalibrasi baterai laptop.





Selama proses kalibrasi pastikan anda tidak menggunakan komputer sama sekali. Sekarang proses kalibrasi baterai telah selesai dan anda bisa mengembalikan lagi Power Plan ke pilihan yang semula.





Proses kalibrasi ini memerlukan siklus menghabiskan baterai dari penuh sampai habis dan mengisinya lagi hingga penuh, sehingga butuh waktu beberapa jam untuk menyelesaikannya. Setelah proses ini selesai, indikator baterai laptop yang ada di monitor anda akan menunjukkan kapasitas power baterai yang lebih akurat.





Install Smarter Battery





Cara memperbaiki baterai laptop yang cepat habis diatas tidak bisa membuat baterai yang sudah usang atau rusak karena faktor umur kembali menjadi bagus lagi seperti baru. Baterai laptop cepat habis ada juga yang disebabkan oleh masalah perangkat lunak.





Setelah anda melakukan kalibrasi, selanjutnya anda bisa install software Smarter Battery. Ini adalah utilitas pemantauan baterai untuk komputer portabel yang dimaksudkan untuk memberikan semua data baterai kepada anda.





Smarter Battery juga bisa anda gunakan untuk membantu memperpanjang hidup dan menghemat baterai. Smarter Battery memberikan gambaran yang sangat lengkap tentang kehidupan baterai laptop anda. Agar data ini akurat, utilitas ini harus terus berjalan sepanjang waktu di laptop anda.


Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Baterai Laptop Cepat Habis Dan Boros"